Prof.Ir.Radyastuti Winarno Pakar Pendidikan Lingkungan Hidup

1:20 PM
Prof.Ir.Radyastuti Winarno

Pakar Pendidikan Lingkungan Hidup
Universitas Negeri Malang



Radyastuti Sudibyo lahir di Sumenep, Tanggal 18 Februari 1935,Puteri dari Bapak Djoko Sudibyo.Beliau lulus dan mendapat gelar Ir. dari Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tahun 1961.Selain mengajar di IKIP Malang, Beliau juga menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.Beliau menikah dengan Ir.Baskoro Winarno,dosen di Jurusan Pertanian Universitas Brawijaya dan dikaruniai dua orang puteri, yaitu Ira dan Janita.

Selama menjadi dosen IKIP Malang Bu Radyastuti Winarno membina mata kuliah Ekologi Dasar untuk mahasiswa program Sarjana Muda dan Ekologi Lanjut untuk mahasiswa program Doktoral.Mata kualiah lain yang beliau bina adalah Pengetahuan Lingkungan.

Selama menjadi dosen IKIP Malang Bu Radyastuti Winarno membina mata kualiah Ekologi Dasar untuk mahasiswa program Sarjana Muda dan Ekologi Lanjut untuk mahasiswa program Doktoral. Mata kuliah lain yang juga beliau bina adalah Pengetahuan Lingkungan.

Segala tingkah laku Bu Radyastuti  mencerminkan prinsip-prinsip ekologi yang beliau tekuni selama tiga dasawarsa.Beliau adalah seorang yang konsisten dalam mendalami suatu bidang dan karena itu menjadi sangat knowledgeable mengenai bidang lingkungan hidup dan pendidikan lingkungan hidup. Setelah beliau memperoleh gelar guru besar dalam bidang Pendidikan Lingkungan Hidup, beliau malah lebih sering dipanggil ke Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya untuk menjadi pembimbing atau penguji para mahasiswa S-2 (bahkan S-3) uyang tesis atau disertasinya dalam bidang Lingkungan Hidup.

Saking mempunyai banyak pengalaman dan kontibusinya yang besar dalam bidang pendidikan pada tanggal 29 Desember 1992 Prof.Ir.Radyastuti Winarno diangkat menjadi Guru Besar dan menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul Ekologi sebagai Dsar untuk Memahami Tatanan Lingkungan Hidup. Pokok-pokok pikiran yang terandung dalam pidato beliau bisa di download disini


Sumber : Ghazali, Syukur dkk. 2015. Pijar Pemikiran Para Pendidik. Malang:Universitas Negeri Malang.
Previous
Next Post »
0 Komentar