Prof.Dr.H.Salladien,B.Sc Pakar Geografi Manusia

5:45 PM

Prof.Dr.H.Salladien,B.Sc,Drs adalah anak dari seorang guru besar bernama Prof.Fatchurrahman K,M.A. Beliau dilahirkan pada tanggal 6 Oktober 1941 di Tuan, Jawa Timur, menjabat sebagai Guru Besar Geografi Manusia di Universitas Negeri lang. Salladien menikah engan Sri Sudarmi, dosen FIP IKIP Malang pada tahun 1972, dikaruniai 3 orang anak; dr.Dian Susanthy (alm), Sophia Yuliastuty,S.S dan Robby Teja Hidayat,S.H,M.H.Almarhum telah pula dikarunia 5 cucu seorang diantaranya telah meninggal.Keluarga Salladien tinggal di Jl.Kemuning II/2,Sengkaling Indah II, Malang. Dia menyelesaikan Sekolah Rakyat pada tahun 1955 di Yogyakarta lulus pada tahun 1955 di Yogyakarta lulus pada tahun 1958,SMA di Yogyakarta lulus pada tahun 1962,menyelesaikan program sarjana muda (B.Sc) dala bidang Geografi Sosial di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1966 dan Sarjana (Drs)dalam bidang Geografi Perkotaan di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1969.Gelar Doktor (Dr) dalam bidang Geografi Manusia di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1985. Post Doctorate Programe di The Ohio State University-USA  pada tahun 1986.

Disamping menjadi dosen di Jurusan Geografi di lingkungan Universitas Negeri Malang, Ia juga menabdi dalam jabatan struktural dan mengajar di beberapa PPS PTS dan PTN di Indonesia. Prof Salladien telah menulis beberapa buku, diantaranya Konsep-Konsep Dasar Demografi (PT.Bina Ilmu,4 edisi dari tahun 1980-1989), Geografi dan Kependudukan (PT.Bina Ilmu, 16 edis 1980-1989), Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (PT.Bina Ilmu, 4 edisi tahun 1986-1987), Konsep-konsep Statistik Terapan,Sistem Modular (P2T DEPDIKBUD, tahun 1988, Edisi Ulang tahun 2008, LEBIT UM),Pengantar Ilmu Sosial (Universitas Terbuka, tahun 1988), Tenaga Kerja Petani,Diversifikasi  Pedesaan dan Pembangunan (Dalam Proses Pengeditan, tahun 2008). Sampai dengan waktu akhir-akhir ini Prof Salladien banyak terlibat dalam perkuliahan, sebagai promotor disertasi dan sebagai penguji disertasi di PPS Universitas Negeri Malang, PPS UNIBRAW, PPS UNAIR,PPS IAIN Sunan Ampel, PPS UNMER Malang (Kodam V Brawijaya), PPS Universitas Gadjah Mada dan sebagainya. Produk buku yang ditulis oleh Prof. Salladien tidak hanya buku di tingkat perguruan tinggi atau buku untuk mahasiswa. Jau sebelumnya,beliau juga aktif dan produktif menulis buku-buku mata pelajaran geografi di SMA

Prof Salladien mempunyai keahlian dibidang riset  (kuantitatif, mixed methode, kualitatif. Keahlian Prof.Salladien dalam mendalami berbagai jenis riset ditunjukkan komitennya menulis berbagai riset yang umumnya digunakan oleh para ilmuwan, yakni riset paradigma kuantitatif,kualitataif dan mixed methode.
Sebagaimana karya tulis beliau diidang riset telah diterbitkan suatu buku “Penelitian kuantitatif dan Analisis data Kuantitatif” yangditerbitkan oleh PPS UM yang bekerjasama dengan Ditjen Dikti dan berbagai paper tentang penelitian. Ia mencatat bahwa metodelogi adalah pengetahuan tentang cara-cara (science of methods). Dala konteks penelitian,metodelogi adalah”totalitas cara” untutk meneliti dan menemukan kebenaran baik dengan cara pendekatan kuantitatif atau kualitatif atau gabungan diantaranya keduanya (mixed methode). Untuk lebih mengenal beliau lebih dekat klik disini.


Sumber : Ghazali, Syukur dkk. 2015. Pijar Pemikiran Para Pendidik. Malang:Universitas Negeri Malang.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar