Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M. S. Pakar Geografi Pariwisata

1:18 PM

Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M. S. adalah Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia yang dikenal dengan UPI. Pendidikan yang sudah beliau tempuh antara lain :

1. SD di Bandung, lulus tahun 1973
2. SMP di Bandung, lulus tahun1975
3. SMA di Bandung, lulus tahun 1977
4. S1 IKIP Bandung, lulus tahun 1983
5. S2  Jurusan Geografi Manusia UGM Yogyakarta, lulus tahun  1989
6. S3 Jurusan Geografi Manusia UGM Yogyakarta, lulus tahun  2004

Beliau dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang geografi kepariwisataan  di Fakultas Pendidikan  Ilmu Sosial (FPIS) tahun 2010  dibuktikan dengan adanya pidato pengukuhan yang berjudul “Dimensi Geografi dalam Kepariwisataan dan Relevansinya dalam Dunia Pendidikan”. Hingga saat ini beliau masih aktif dalam menghasilkan dalam berkarya menghasilkan berbagai macam karya ilmiah seperti penelitian, buku,artikel hingga makalah yang memperkaya pengetahuan tentang kegeografian sehingga banyak mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya menjadi Dosen teladan I tahun 1989 IKIP Bandung,  Satyalancana Karya Satya 10 tahun dari Presiden Republik Indonesia dan Piagam karya Bakti Satya. Rektor UPI tahun 2003.

Selain berprofesi sebagai dosen di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. Hj. Enok Maryani, M. S. Juga mendapatkan amanah sebagai Ketua Prodi Pendidikan Pascasarjana IPS tahun 2007-sekarang selain itu juga menjadi Ketua Perhimpunan Profesi Pendidik Geografi (P3GI) yang terpilih secara aklamasi. Pemilihan tersebut dilaksanakan sekaitan dengan kongres yang diadakan di Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu 6 Juni 2015. Perhimpunan ini merupakan wadah bagi seluruh masyarakat yang mempuyai profesi sebagai pendidik geografi, baik itu guru maupun dosen. Kongres ini dihadiri oleh 42 perwakilan dari perguruan tinggi yang memiliki program studi geografi dan pendidikan geografi di Indonesia..Untuk mengetahui isi pidato pengukuhan sekaligus profil beliau bisa didownload disini.

Referensi tambahan :

 

Previous
Next Post »
0 Komentar