Penggunaan Jigsaw Planet dalam Pembelajaran Geografi

9:22 PM
Puzzle merupakan salah satu bentuk permainnan yang populer. Bermain puzzle adalah kegiatan yang menyenangkan dan memiliki berbagai manfaat besar terutama untuk mendukung pembelajaran geografi. Bagi guru, puzzle dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran terutama untuk mencapai tujuan agar meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan dari peserta didik itu sendiri atau  sekedar mengisi waktu luang agar siswa mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selain itu permainan puzzle dapat melatih kesabaran, melatih untuk melakukan problem solving serta mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif tentunya. Salah satu penyedia layanan yang praktis dalam membuat variasi puzzle adalah Jigsaw Planet yang mampu serta mudah dimanfaatkan nantinya. Adapun langkah untuk memanfaatkannya seperti di bawah ini :

1. Masuk ke alamat website Jigsaw Planet atau klik disini
2. Klik Create untuk menampilkan menu pembuatan puzzle
3. Silahkan klik “Image Choose File” lalu pilih gambar sesuai dengan keinginan, Misalnya memasukkan gambar peta Sulawesi.

4.Selanjutnya atur puzzlenya dengan pengaturan seperti :
- Kolom “Name “untuk memberi keterangan pada puzzle
- Kolom“Pieces” digunakan untuk mengatur tingkat kesukaran puzzle
- Kolom”Shape” untuk mengatur bentuk puzzle klik rotation untuk merotasi puzzle jika diperlukan
- Kolom “Tags” untuk memberi daftar pada puzzle yang dibuat.





5. Setelah semuanya sudah diatur klik Create untuk membuat maka puzzle yang ada buat sudah jadi misalnya seperti gambar di bawah ini. Bagaimana ? Mudahkan ?






Previous
Next Post »
0 Komentar