Menganalisis Instrumen Tes Geografi dengan Software AnBuso

9:16 AM



Menghasilkan sebuah instrumen tes yang berkualitas bukanlah perkara mudah  karena untuk menghasilkannya banyak sekali unsur yang harus diperhatikan sehingga bisa dikatakan perlu usaha yang sepadan pula.perlu diketahui bahwa dalam sebuah instrumen tes terdapat unsur yang perlu diperhatikan agar kualitas serta performa dari instrumen  tersebut menjadi baik.

Unsur tersebut adalah berupa validitas, reliabilitas tes, daya beda butir tes, tingkat kesulitan butir tes, dan efektivitas distraktor yang seringkali kurang diperhatikan sehingga instrumen yang dibuat sama sekali belum diketahui tingkat kualitas dan performanya. Permasalahan tersebut pada dasarnya dapat diatasi pendidik dengan menganalisis instrumen soal secara manual dengan menggunakan prosedur tertentu, meskipun bisa dikatakan dengan cara menganalisis secara manual terkesan ribet dan kadang hasilnya bisa menjadi tak karuan. Mengetahui hal di atas maka banyak sekali pakar-pakar yang berusaha serta berlomba-lomba untuk mencari solusi atas masalah tersebut salah satunya adalah dengan adanya software AnBuso Karya Bapak Ali Muhson M.Pd Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang memiliki performa yang tinggi.

AnBuso pertama kali dibuat pada tahun 2011 dan terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan kebutuhan guru  bahkan sudah diujikan bebrapa kali dalam melakukan analisis butir soal sehingga terbukti efektif untuk digunakan untuk mengetahui kualitas dan performa instrumen tes berbagai mata pelajaran terutama geografi. Hingga kini AnBuso telah berkembang menjadi AnBuso versi 6.0 sehingga ada beberapa perubahan yang dilakukan, yaitu:
  1. Tampilannya mengalami perubahan dengan menambahkan header dan menu yang lebih menarik dan interaktif sehingga mudah untuk dioperasikan. Pilihan menu yang tadinya dalam bentuk sheet tabs
  2. Hasil analisis juga ditambahkan terutama dalam bentuk grafik. Ada perubahan dan tambahan grafik. Grafik yang pada versi sebelumnya hanya menampilkan ketuntasan belajar ditambahkan dengan grafik tentang soal.
  3. Ada tambahan grafik soal yang berisi daya beda butir soal objektif, essay, dan gabungan; tingkat kesulitan soal objektif, essay dan gabungan, dan kualitas butir soal objektif, essay, dan gabungan.
  4. Pada grafik peserta di samping grafik ketuntasan belajar, ditambahkan grafik sebaran predikat nilai yang diperoleh peserta sehingga dapat diketahui persentase persebaran nilai dari A sampai D.
  5. Pengelompokan peserta remedial juga ada perubahan. Pada versi sebelumnya semua peserta yang tidak dapat menjawab soal, walaupun dalam status sudah tuntas, tetap terdaftar dalam kelompok peserta remedial. Pada versi ini peserta yang sudah tuntas tidak dimasukkan dalam kelompok peserta remedial.
  6. Output hasil analisis juga ditambahkan AutoFilter di setiap tabel sehingga mempermudah pengguna untuk memfilter peserta tertentu atau menghilangkan baris yang kosong sehingga apabila dicetak tidak ada lagi baris yang kosong.
  7. Dalam menu Input Data Identitas dan Jawaban juga ditambahkan hyperlink yang memudahkan pengguna untuk mengarahkan kursor pada sel yang ingin diisi.
  8. Ditambahkan menu Panduan yang dapat langsung diklik untuk melihat panduan penggunaan AnBuso secara lengkap.
  9. Di menu utama juga ditambahkan link ke Pembuat Program (© 2011-2015 Ali Muhson) yang dihubungkan langsung ke website untuk melihat curriculum vitae. Menu ini hanya dapat diakses jika ada koneksi ke internet.
Jika anda tertarik untuk memilikinya silahkan kunjungi website beliau disini. Isi data anda dengan lengkap maka software tersebut akan dikirim melalui email anda.Semoga Bermanfaat.
Referensi :

Previous
Next Post »
0 Komentar